Jumat, 16 Maret 2012

Sekilas Mengenai Bakpia Jogja

Bakpia Jogja merupakan salah satu makanan khas dari Jogja, yang sangat pas dijadikan sebagai oleh-oleh Jogja. Bagi yang belum tahu apa itu bakpia, akan kami jelaskan sekilas. Bakpia adalah makanan yang dibuat dari adonan kacang hijau, dicampur dengan gula, dibungkus dengan tepung, kemudian dipanggang di dalam oven. Bakpia Jogja termasuk yang cukup dikenal, khususnya yang dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Istilah bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian (Hanzi: 肉餅), yang secara harfiah berarti roti berisikan daging, yaitu dari kata 'bak' yang berarti daging, dan 'pia' yang berarti kue. Namun kini isi bakpia dapat dibuat sesuai permintaan konsumen, misalnya cokelat, keju, kumbu hijau, atau kumbu hitam.

Di desa Pathok, dulunya penduduk tidak mengenal istilah merek, sehingga bakpia yang dijual hingga saat ini berlabel nomor rumah produsen. Bagi yang jeli, masing-masing bakpia memiliki rasa yang berbeda. Bila Anda merindukan makanan khas bakpia jogja, pesan saja kepada kami. Bakpia jogja yang kami sediakan adalah bakpia bermutu dengan cita rasa khas bikinan produsen makanan khas di Jogja / Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan